Panduan Penting Tentang Penilaian Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2016
Panduan Penting Tentang Penilaian Kurikulum 2013 Hasil Revisi 2016 - Kurikulum Tahun 2013 ( Kurtilas ) mengalami revisi pada tahun 2016, beberapa perubahan dalam Kurikulum 2013 tentu harus diperhatikan oleh semua sekolah yang menerapkan kurikulum tersebut . Pada kesempatan kali ini, kami sampaikan beberapa perubaan/revisi penting mengenai Kurikulum 2013 menurut pembinaan Kurikulum 2013 yang telah dilaksanakan beserta dengan dokumen - dokumen hasil revisi Kurtilas yang telah dibagikan oleh beberapa guru yang mengikuti pembinaan pelatih Kurikulum 2013 tersebut.
[Preview File]
Point - point penting dari perubahan Kurikulum 2013 ialah sebagai berikut :
- Nama Kurikulum tidak berkembang menjadi Kurikulum Nasional tetapi memakai nama Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional;
- Penilaian perilaku KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Kompetensi Inti ( KI ) tetap dicantumkankan dalam penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
- Jika ada 2 (dua) nilai praktek dalam 1 Kompetensi Dasar (KD), maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, dan portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot evaluasi harian dan evaluasi final semester itu sama;
- Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode ketika mengajar dan apabila dipakai maka susunannya tidak harus berurutan;
- Silabus Kurikulum 2013 Edisi Revisi lebih ramping hanya 3 (tiga) kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan acara pembelajaran;
- Perubahan terminologi ulangan harian menjadi evaluasi harian, UAS menjadi evaluasi final semester untuk semester 1 (satu) dan evaluasi final tahun untuk semester 2 (dua). Dan sudah tidak ada lagi UTS pribadi ke evaluasi final semester;
- Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP), tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yg digunakan, dan materi dibentuk dlm bentuk lampiran berikut dgn rubrik evaluasi (jika ada);
- Skala evaluasi menjadi 1 - 100. Penilaian perilaku diberikan dlm bentuk predikat dan deskripsi;
- Remedial diberikan untuk yang kurang, namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedi inilah yang dicantumkan dalam hasil;
Advertisement