PERPUSTAKAAN DIRUANG KELAS
Tidak semua sekolah dasar mempunyai ruang perpustakaan sendiri , Guru yang kreatif , biasanya menempatkan buku dalam kotak sebagai perpustakaan di ruang kelas , sekaligus berperan sebagai perpustakaan .
Sudah tentu banyak , banyak buku yang di simpan dalam kotak - kotak itu, bergantung pada keuangan sekolah , bahasa dan isi diubahsuaikan dengan tingkat kelas , Dengan demikian , masing-masing kelas mempunyai Perpustakaan sendiri.
Disetip buku perlu direkatkan selembar kertas , sebaiknya dari karton tipis yang memuat catatan perihal identitas buku , nama siswa yang meminjam , tanggal pminjaman dan tanggal pengembalian.
PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN |
MEMPERLUAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Umumnya perpustakaan sekolah mempunyai jumlah buku yang masih terbatas , Memang dalam hal in , kepala sekolah dalam kurun waktu tertentu , perlu mengadakan perubahan ,pemutakhiran dan penggantian buku , sedangkan sumber dana terbatas , akhirnya mereka harus pandai-pandai berinovasi , menemukan cara memperluas layanan perpustakaan sekolah mereka .
untuk ini kepala sekolah sanggup mengambil upaya - upaya sebagai berikut :
- Berhubungan dengan sekolah -sekolah lain untuk membangun jaringan layanan buku.
- Meminta derma dari sentra perpustakaan kawasan , Pusat Perpustakaan Nasional atau forum lain.
- Meminta Bantuan orang bau tanah siswa atau komite sekolah
- Meminta siswa yang gres lulus untuk meyumbangkan buku
- Mencari derma dari sumber lain.
Mendukung perpustakaan sekolah sebagai sentra pembelajaran yang aktif seyogianya menjadi kepentingan orang-orang atau kelompok masyarakat di luar sekolah.
Masyarakat pemerhati pendidikan yang bisa secara finansial, sanggup membantu dalam bentuk dana ketimbang buku , alasannya ialah dengan dana sekolah sanggup mengalokasikannya pada bidang-bidang lain yang memerlukan .
Jika sekolah meminta derma pada forum tertentu , mereka itu akan kewalahan , namun tidak ada salahnya mengajukan permohonan.
KARAKTERISTIK PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG BAIK
Kualitas perpustakaan sanggup diukur melalui sejumlah cara yang berbeda , sejumlah indikator yang mensugesti kualitas perpustakaan sekolah :
- Tingkat peminjaman buku persiswa
- Jumlah pengeluaran dana persiswa pertahun
- Jumlah buku persiswa , baik buku usang maupun buku yang mutakhir
- Tingkat perolehan buku gres dan penyingkiran buku usang , buku usang sebaiknya dihibahkan dan bukan dimusnakan .
- Tingkat keamanan disekolah yang biasanya menjadi duduk perkara di sekolah
- Lama Waktu kerja perpustakaan setiap minggu
- Kapasitas tempat duduk yang etrsedia untuk mencar ilmu di perpustakaan
Thank you for visiting, good luck for you all...
Advertisement